Wednesday, January 22, 2014

Cara Menghilangkan Guest/Administrator Pada Logon Windows XP



Permasalahan ini penulis alami ketika rekan kerja ingin mempassword komputer agar tidak semua orang bisa mengakses komputer.Cara termudah yaitu dengan mempassword komputer tersebut dengan cara buka control panel,user account dan klik account user yang dipakai dan create password dan beri password sesuai keinginan user.setelah itu ok .Tapi permasalahanya mulai timbul ketika computer log on setelah restart masih ada daftar username yang muncul selain username yang dipassword yaitu Guest  masih muncul alhasil ketika orang mau masuk dengan mengklik Guest  bisa masuk tanpa melalui password.Seperti terlihat pada gambar:















Waduh percuma dong dipassword kalau orang lain masih bisa login ke Windows kata teman.Maunya sih siapapun yang ingin login, harus melalui password.Penulis mencoba mendisable user Account Guest  dengan cara mendisable dari pengaturan Administrative Tool di Control Panel mendisablenya.
Tapi teman masih complain lagi ketika mau akses computer dia dari computer lain lewat sharing data kenapa jadi kepassword sharing datanya?Wah penulis bingung juga padahal sharingnya datanya gak dipassword, akhirnya account Guest ceklist diaktifkan lagi di Control Panel.Sambil googling kesana kemari akhirnya ketemu juga cara menghilangkan beberapa user account saat windows log on dengan cara merubah setingan di Registry Editor.
Berikut ini tahapan cara menyembunyikan user Guest agar user masuk melalui login yang di password aja untuk masuk ke dalam Windows.


Buka registry editor dengan cara ketik Start dan klik tombol Run. Lanjutkan dengan mengetikkan regedit yang diikuti dengan tombol Enter.
Pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\\SOFTWARE\\Microsoft\\Windows NT\\CurrentVersion\\Winlogon\\SpecialAccounts\\UserList.
Setelah masuk ke sub category tersebut,  pergi ke bagian kanan dari jendela registry. Lanjutkan dengan klik kanan dan pilih New, DWORD Value.




Pada bagian New Value,klik kanan dan rename menjadi Guest. Tekan tombol Enter dan isi nilai tersebut dengan angka NOL (0) dan jangan lupa pilih Desimal pada bagian Base.



Klik menu View pada bagian atas dan pilih Refresh. 
Terakhit, tutup jendela registry anda.Begitu juga kalau User Administrator ingin anda nonaktifkan caranya sama seperti diatas Cuma mengganti New Value  menjadi Administrator. Untuk mencobanya anda tinggal merestart computer anda.  

Diharapkan untuk berhati hati  saat menentukan user mana yang akan disembunyikan karena bisa terjadi kesalahan, bisa jadi anda sama sekali tidak bisa masuk ke Windows karena secara tidak sengaja anda menyembunyikan semua user pada windows.
   
 

4 comments:

  1. Bro.,.
    Sx gk bs msuk nih...
    Gara2 gk sengaja nyembunyiin semua user

    bantuin dong...
    Please...

    ReplyDelete
  2. Min…
    Sy gk sengaja men-disable semua akun di laptop sy nih, jadix gk gk bs login…yg bs cuman akun guest aja.
    Tolongin donk…

    ReplyDelete
  3. untuk versi win 8.1 gimana caranya gan?

    ReplyDelete